Kamis, 09 Juni 2016

makalah statistika skala nominal


MAKALAH OBSERVASI
SKALA NOMINAL TERHADAP JUMLAH PENDUDUK
KELURAHAN YOSOREJO TAHUN 2016
Makalah ini di Buat Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Statistik yang Diampu
Oleh Dr.Hi.Agus Sujarwanta,M.Pd

  

KELOMPOK 2
Annisa Umairoh         : 15320002
Ayu Eka Sari             : 15320003
Bagus Rachman S    : 15300029
Indah Kurnia Sari       : 15320030



PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
APRIL 2016






KATA PENGANTAR

Bismillahirarmaniirahim,
Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT yang  memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga dalam penulisan makalah  matakuliah Statistik ini bisa berjalan dengan lancar.  Penulisan makalah  ini dimaksudkan penulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Statistika. Selain itu, penulisan makalah ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca  serta sebagai bahan referenci bagi masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Metro dalam hal megobservasi dan memahami analisis suatu penyajian data pada statistik. Di sisi lain, penulis  mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas.
Terima kasih juga kami kepada Ibu Rohima selaku staff instansi Kelurahan Yosorejo Metro Timur dalam membantu kami memperoleh data.
Dalam penyusunan  makalah kelompok ini, penulis menyadari akan segala  kekurangannya, untuk itu kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan demi perbaikan makalah berikutnya. Akhir kata, semoga  makalah ini bermanfaat bagi penulis dan  terutama bagi unsur-unsur yang berkepentingan.


Metro, 2016

Penulis







DAFTAR ISI


HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABLE
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.    Fokus Deskripsi Data
C.   Tujuan Deskripsi Data
D.   Kegunaan Deskripsi Data

BAB II KONSEP DASAR

BAB III METODE PENYAJIAN DATA
A.    Subyek Study
B.    Tempat dan Waktu Pengambilan Data
C.   Teknik Penyajian yang Digunakan
D.   Teknik Pengumpulan Data
E.    Rumus atau Prosedur Statistik yang Digunakan

BAB IV HASIL ANALSISI DESKRIPTIF
A.    Tampilan tabulasi data hasil observasi
B.    Tampilan penyajian data berdasarkan teknik statistik
C.   Intepretasi Data
BAB V KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


 
BAB I
PEDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Data nominal adalah ukuran yang paling sederhana, dimana angka yang diberikan kepada objek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkan tingkatan apapun.. Sesuai dengan pernyataan tersebut kami mengambil subjek penelitian observasi yaitu data jumlah seluruh penduduk di Kelurahan Yosorejo Metro Timur pada bulan Maret tahun 2016. Data tersebut merupakan data yang didapatkan melalui proses pengambilan data dengan mendatangi kantor Kelurahan Yosorejo Kec. Metro Timur. Berdasarkan hal tersebut kami ingin mengetahui jumlah seluruh penduduk di kelurahan Yosorejo Kecamatan metro Timur dengan menggunakan skala nominal untuk mengetahui simbol yang terdapat pada data. Ciri-ciri data nominal adalah hanya memiliki atribut, atau nama, atau diskrit. Data nominal merupakan data diskrit dan tidak memiliki urutan. Bila objek dikelompokkan ke dalam set-set, dan kepada semua anggota set diberikan angka, set-set tersebut tidak boleh tumpang tindih dan bersisa.

B.   Fokus Deskripsi Data
Dalam makalah observasi kali ini yang menjadi fokus deskripsi data adalah:
Bagaimana cara menyajika data berskala Nominal terhadap “Jumlah Data Penduduk Keluraham Yosorejo Kecamatan Mtero Timur pada Bulan Maret tahun 2016 ?”

C.   Tujuan Deskripsi Data
Adapun tujuan dari makalah statistik ini adalah:
1.    Untuk memenuhi tugas matakuliah Dr.Hi.Agus Sujarwanta,M.pd.
2.    Untuk mengetahui cara menyajikan data skala nominal terhadappenyajian data memudahkan dalam menganalisis data “Jumlah Data Penduduk Keluraham Yosorejo Kecamatan Mtero Timur pada Bulan Maret tahun 2016.



D.   Kegunaan Deskripsi Data
            Adapun kegunaan dari makalah statistik ini adalah:
1.    Dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana jumlah/perkembangan banyaknya penduduk dalam skala nominal
2.    Dapat digunakan oleh mahsiswa/i sebagai bahan referensi matakuliah statistik dalam hal penyajian suatu data dalam bentuk skala nominal
3.    Dapat juga bermanfaat bagi subtansi-subtansi terkait yang membutuhkan.


BAB II
KONSEP DASAR
Agus (2003: 18) Menyatakan bahwa skala nominal yaitu angka yang tidak mempunyai arti hitung. Angka yang diterapkan hanya simbol/tanda dari objek yang akan dianalisis.
Misalnya: Seorang peneliti manghadapi data yang berkaitan dengan jenis kelamin (perempuan dan laki-laki). Agar peneliti dapat menggunakan statistik dalam analisinya, dituntut melakukan perubahan data tersebut menjadi  bentuk angka. Jika peneliti menggunakan angka 1 sebagai simbol siswa perempuan dan angka 2 sebagai simbol laki-laki, maka angka 1 dan angka 2 merupakan initial dari jenis kelamin perempuan dan laki-laki. Untuk selanjutnya peneliti akan selalu berhadapan dengan angka 1 dan angka 2. Dalam hal ini angka 2 tidak berarti lebih besar dari pada angka 1, karena angka-angka tersebut hanya sebagai simbol saja.
Fahmi ( 2015: Online) Menyatakan bahwa Penyajian data merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitian yang telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Data yang disajikan harus sederhana, jelas agar mudah dibaca. Penyajian data juga dimaksudkan agar para pengamat dapat dengan  mudah memahami apa yang kita sajikan untuk selanjutnya dilakukan penilaian atau perbandingan dan lain lain. Dalam pembuatan laporan penelitian, data termasuk yang harus dilaporkan. Agar dapat memberikan gambaran yang bermakna, data-data itu haruslah disajikan ke dalam tampilan yang sistematis dan untuk keperluan penganalisisan biasanya data itu disusun dalam sebuah tabel. Penyajian data ini bertujuan memudahkan pengolahan data dan pembaca memahami data.
Data yang sudah diolah, agar dibaca dan dimengerti oleh orang lain atau pengambil keputusan, perlu disajikan ke dalam bentuk-bentuk tertentu.
Penyajian data memiliki fungsi antara lain :
1.      Menunjukkan perkembangan suatu keadaan
2.      Mengadakan perbandingan pada suatu waktu.

Ø  PENYAJIAN DATA DALAM DAFTAR (TABEL)
Pada dasarnya banyak cara untuk menyajikan data sehingga ia dapat dipahami dan digunakan secara tepat oleh pengolah data. Namun untuk menghasilkan gambaran data yang komunikatif, harus diingat untuk menyajikan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, penyajian data dalam bentuk tabel bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran mengenai jumlah secara terperinci sehingga memudahkan pengolah data dalam menganalisis data tersebut.

Macam-Macam Penyajian Data Dalam Bentuk Tabel :
1.      Tabel Baris Kolom
Tabel baris kolom adalah tabel yang terdiri dari baris dan kolom yang tidak terdiri dari beberapa kategori dan bukan data kuantitatif yang dibuat menjadi beberapa kelompok.
Contoh : Tabel daftar IP seorang mahasiswi Ekonomi Syariah
No
Semester
IP
1
I
3,60
2
II
3,80
3
III
3,82
4
IV
3,91
5
V
4,00
6
VI
4,00
7
VII
4,00

Tabel 1.1  IP Mahasiswa Ekonomi Syari’ah

2.      Tabel Kontingensi
Tabel kontingensi merupakan bagian dari tabel baris kolom, akan tetapi tabel ini mempunyai ciri khusus, yaitu menyajikan data yang terdiri atas dua faktor atau dua variabel, faktor yang satu terdiri atas b kategori dan lainnya terdiri atas k kategori, dapat dibuat daftar kontingensi berukuran b x k dengan b menyatakan baris dan k menyatakan kolom.
Contoh : Banyak murid sekolah di Daerah Lombok Timur menurut tingkat sekolah dan jenis kelamin tahun 2013

JENIS KELAMIN

TINGKAT SEKOLAH
JUMLAH
SD
SMP
SMA
Laki – laki
4756
2795
1459
9012
Perempuan
4032
2116
1256
7404
Jumlah
8790
4911
2715
16416

Tabel 1.2. Banyak murid sekolah di Daerah Lombok Timur menurut tingkat sekolah dan jenis kelamin tahun 2013

3.      Tabel Silang
digunakan untuk menggambarkan data dengan menampillkan satu karakteristiknya saja, misalnya jumlah keseluruhan. Sedangkan tabel silang dua variabel digunakan untuk Tabel silang dapat terdiri dari satu variabel atau dua variabel., tergantung pertanyaan atau keadaan yang ingin dideskripsikan. Dengan demikian, pemilihan penyajian data ke dalam tabel silang satu atau dua variabel akan tergantung dari data yang diperoleh.
Tabel silang satu variabel menggambarkan data dengan menampilkan dua karakteristiknya, misalnya jumlah keseluruhan dan jumlah per gender.
Contoh: Dalam suatu penelitian angket pada 34 siswa kelas XI.A tentang mata pelajaran MIPA yang disukai, diperoleh hasil data sebagai berikut:
No.
Mata Pelajaran
Jumlah
1
Matematika
11
2
Kimia
10
3
Fisika
7
4
Biologi
6

Tabel 1.3 Penyajian Data dalam bentuk tabel silang satu variable

No.
Mata Pelajaran
Siswa Yang Menyukai
Jumlah
Siswa Laki – Laki
Siswa Perempuan
1
Matematika
8
3
11
2
Kimia
4
6
10
3
Fisika
5
2
7
4
Biologi
2
4
6
Tabel 1.4 Penyajian Data dalam bentuk tabel silang dua variable


Ø  Statistika dalam Al-Qur’an

Statistika adalah cabang matematika yang berkaitan dengan pengumpulan data, pengolahan data, panyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Suatu kegiatan utama dalam statistik adalah pengumpulan data. Dalam masalah mengumpulkan data yaitu mencatat atau membukukan data, Al-Qur’an juga membicarakannya. Perhatikan Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 49, Az-Zukhruf ayat 80, Al-Jaatsiyah ayat 29, dan Al-Qamar ayat 52.
Selain kegiatan mengumpulkan data, statistika juga sangat memperhatikan ketelitian. Dalam Al-Qur’an surat Maryam ayat 94 disebutkan
“Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti..”

Al-Qur’an sendiri telah memberikan bukti konkret tentang statistika. Dalam Al-Qur’an terdapat keajaiban, ketelitian dan keseimbangan dalam penjumlahan dilihat dari akibat, penyebab, atau  bahkan dengan realitas kehidupan sehari-hari.






BAB III
METODE PENYAJIAN DATA

A.   Subyek Study:
      Jumlah pendudukan Di Kelurahan Yosorejo Kec. Metro Timur Pada bulan Maret Tahun 2016

B.   Tempat dan Waktu Pengambilan Data:
Tempat      : Kantor Kelurahan Yosorejo Kec. Metro Timur Kota Metro
Waktu        : Senin, 03 Mei 2016 pukul 12.30 WIB

C.   Teknik Penyajian Data yang Digunakan:
      Dalam makalah statistik ini, teknik penyajian data yang kami gunakan adalah teknik data deskriptif  berbentuk tabel silang dua variabel dan diagram batang yang kemudian kami paparkan lebih spesifik ke dalam bentuk penyajian dengan skala Nominal

D.   Teknik Pengumpulan Data:
      Pada makalah statistik ini, teknik pengumpulan data yang kami gunakan adalah mengobservasi tempat obyek yaitu Kantor Kelurahan Yosorejo Kec.Metro Timur. Untuk mendapatkan data kami melakukan sesi wawancara kepada staff / pihak terkait ditempat tersebut, dilokasi kami menganalisis data-data kependudukan dan mencatat hal-hal yang dirasa penting kemudian  meminta hasil data penduduk yang kami butuhkan untuk selanjutnya di sajikan dalam bentuk perhitungan berskala Nominal


E.    Rumus atau Prosedur Statistik yang Digunakan:
Rumus yang digunakan dalam makalah statistik ini menggunakan data berskala Nominal dengan tabel silang dua variabel dan tidak menggunakan rumus pemusatan tunggal sederhana maupun kelompok




BAB IV
HASIL ANALSIS DESKRIPTIF





















A.   Tampilan tabulasi data hasil observasi

DATA KEPENDUDUKAN KELURAHAN YOSOREJO KEC.METRO TIMUR
BULAN MARET TAHUN 2016
(Tabel 1.5)
No
RW
Penduduk bulan ini
Jumlah
L
P
1
001
258
302
560
2
002
314
309
623
3
003
316
332
648
4
004
483
453
936
5
005
350
366
716
6
006
408
370
778
7
007
226
234
460
8
008
310
334
644
9
009
516
555
1071
Total
3181
3255
3436







B.   Tampilan penyajian data berdasarkan teknik statistik

Diagram Batang (grafik 1.1)







Diagram Lingkaran ( Pie chart )
Grafik 1.2



C.   Interpretasi Data

Dari hasil data yang kami peroleh diketahui bahwa :
Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 001 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 358 dan 302 orang. dengan data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 002 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 314 dan 309 orang. Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 003 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 316 dan 332 orang. Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 004 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 483 dan 453 orang. Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 005 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 350 dan 366 orang. Sedangkan Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 006 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 408 dan 370 orang. Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 007 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 226 dan 234 orang. Data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 008 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 310 dan 334 orang. Dan data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan RW 009 Kel.Yosorejo pada bulan Maret sebanyak 516 dan 555.
Dengan jumlah total penduduk laki-laki sebanyak 3181 orang dan total penduduk perempuan sebanyak 3255 maka jumlah seluruh penduduk Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur sebanyak 3436 orang.


BAB V
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil data yang kami peroleh dapat disimpulkan dengan skala nominal bahwa pada RW 001 sampai RW 009 memiliki penduduk laki-laki sebanyak 3181 orang dapat juga disimpulkan Kelurahan Yosorejo RW 001 sampai RW 009 memiliki penduduk perempuan sebanyak 3255 orang. Atau jika dilihat dari totalnya maka Jumlah penduduk RW 001 sampai RW 009 di Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur pada bulan Maret tahun 2016 adalah sebanyak 20519 orang.







DAFTAR PUSTAKA

Fahmi.2015.Statistik Penyajian Data.
(http://ketikkanfahmi.blogspot.co.id/2015/10/makalah-statistik-penyajian-data.html). Online.    Dikutip tanggal 26 Maret 2016, pukul 10.00 WIB.
Irianto,Agus.2003.Statisik.Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP KENCANA.


LAMPIRAN

Data Mentah
No
RW
Penduduk bulan ini
Jumlah
L
P
1
001
258
302
560
2
002
314
309
623
3
003
316
332
648
4
004
483
453
936
5
005
350
366
716
6
006
408
370
778
7
007
226
234
460
8
008
310
334
644
9
009
516
555
1071
Total
3181
3255
3436



Tidak ada komentar:

Posting Komentar